Menulis Slogan dan Poster


Setiap berjalan di sepanjang jalan raya, kamu pernah melihat dan tentu akan menemukan banyak tulisan, bahkan disertai gambar di pinggir jalan. Apalagi menjelang peringatan hari-hari besar, kalimat-kalimat yang bersifat ajakan dan imbauan muncul di mana-mana. Ada tulisan yang terdapat pada kain yang dibentangkan (spanduk) dan ada pula yang ditulis pada tripleks/seng besar (baliho).Apa yang kamu saksikan termasuk slogan, poster, dan iklan. Slogan biasanya berupa semboyan dengan kata-kata menarik untuk menjelaskan tujuan suatu organisasi tertentu, sedangkan poster adalah suatu kalimat menarik dan biasanya disertai gambar untuk menyampaikan informasi tertentu atau imbauan tertentu. Selain kedua hal tersebut, ada satu lagi yang bentuknya relatif sama, yakni iklan. Namun, iklan memiliki kecenderungan lebih bersifat komersial.Dalam pembelajaran ini, kamu akan berlatih lebih mendalam untuk membuat slogan dan poster dengan (1) menentukan tujuan penulisan slogan dan poster, (2) mendaftar butir-butir yang akan dituliskan menjadi slogan dan poster, (3) menulis slogan dan poster dengan pilihan kata dan kalimat yang persuasif, dan (4) membuat slogan dan poster yang sesungguhnya.1. Menentukan Tujuan Penulisan Slogan dan PosterTujuan penulisan slogan dan poster pada hakikatnya sama, yakni mengajak atau mengimbau masyarakat untuk melakukan sesuatu yang disebutkan dalam slogan dan poster tersebut.2. Mendaftar Butir-butir yang akan Dituliskan dalam PosterMembuat poster, apalagi poster kegiatan, hendaknya memperhitungkan butir-butir yang akan ditulis. Mengingat, selain bersifat mengajak, poster juga berfungsi sebagai penyampai informasi. Oleh karena itu, setelah membaca poster tersebut para pembaca memiliki kejelasan akan maksud dan hal-hal yang berhubungan dengan isi poster itu.3. Menulis Slogan dan Poster dengan Pilihan Kata dan Kalimat yang PersuasifSesuai dengan tujuan slogan dan poster, yaitu mengajak dan mengimbau masyarakat atau khalayak ramai, penulisan slogan dan poster pun hendaknya menggunakan bahasa yang menarik dan persuasif. Agar bahasa slogan dan poster menarik dan persuasif, ada beberapa cara yang dapat digunakan, yaitu sebagai berikut.a. Menggunakan majas hiperbolaTakkan mundur barang setapak demi keamanan dan keutuhan NKRI.b. Menggunakan majas personifikasiKesadaran masyarakat bangkit keamanan terjamin.c. Menggunakan majas metaforaJaminan keamanan merupakan jembatan masuknya investor asing.d. Menggunakan rima/ persamaan bunyiIngin aman dari maling, gerakkan siskamling!

Contoh slogan:
Sekali merdeka, tetap merdeka
Sekali di udara, tetap di udara
TVRI menjalin persatuan dan kesatuan

Contoh poster:

About these ads

18 comments on “Menulis Slogan dan Poster

    • Sumbernya gabungan dari materi-materi buku paket, buku pendamping yang sy pakai, serta temuan di lapangan sewaktu mengajar.

  1. Trimakasih atas bahan ajarnya, pak maaf saya masih belum begitu paham tentang sudut pandang, bisa dijelaskan berikut contohnya

  2. gmna sich,,.,,,,,,,,,,, katanya slogan dan poster… tapi kog gag ada contohnya,,, aqu jadi kbnrungan nich mw ngerjain tugasnya,,,,.,………………..,,,,,,,,,/?????????????

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s