BSNP Sosialisasikan UN 2011/(Permendiknas Nomor 45 Tahun 2010 tentang Kriteria Kelulusan dan Permendiknas Nomor 46 tentang Pelaksanaan UN SMP dan SMA Tahun Pelajaran 2010/2011)


Salinan Permendiknas No. 45 dan 46 Tahun 2010

  1. Permendiknas No. 45 Tahun 2010 (Kriteria Kelulusan Ujian Nasional 2011)
  2. Permendiknas No. 46 Tahun 2010 (POS Ujian Nasional 2010)
  3. Lampiran Permendiknas No. 46 Tahun 2010 (Kisi-kisi Ujian Nasional 2011)
  4. POS Ujian Nasional SMP/MTs, SMA/MA, SMK Tahun 2011

Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) siap mensosialisasikan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) Nomor 45 Tahun 2010 tentang Kriteria Kelulusan dan Permendiknas Nomor 46 tentang Pelaksanaan UN SMP dan SMA Tahun Pelajaran 2010/2011. Permendiknas itu telah ditandatangani Mendiknas Mohammad Nuh beberapa waktu lalu.

“Dengan adanya Permendiknas, BSNP siap melakukan sosialisasi pada awal Januari ini. Target sosialisasi adalah agar Permendiknas dan prosedur operasi standar ditindaklanjuti oleh seluruh provinsi kabupaten/kota dan sekolah,” kata anggota BSNP Mungin Edy Wibowo, Selasa (4/1).

Ditambahkan, dengan adanya Permendiknas maka UN tinggal dilaksanakan dengan mengacu pada aturan yang ada. Yang jelas, kata dia, sebelum sosialisasi dilakukan, BSNP akan mengadakan pertemuan terlebih dahulu.

Seperti diketahui, dalam Permendiknas disebutkan bahwa pelaksanaan UN Tahun Pelajaran 2010/2011 jenjang sekolah menengah atas/ madrasah aliyah/sekolah menengah kejuruan (SMA/MA/SMK) akan digelar pada 18-21 April 2011. Adapun pelaksanaan UN sekolah menengah pertama/madrasah tsanawiyah (SMP/MTs) akan digelar pada 25-28 April 2011.

Sementara, UN Susulan SMA/MA/SMK dilaksanakan pada 25-28 April 2011 dan pengumuman kelulusan oleh satuan pendidikan paling lambat 16 Mei 2011. Adapun UN Susulan SMP/MTs pada 3-6 Mei 2011. Pengumuman UN SMP/MTs oleh satuan pendidikan pada 4 Juni 2011. Sementara, UN kompetensi keahlian kejuruan SMK dilaksanakan oleh sekolah paling lambat sebulan sebelum UN dimulai.

Nilai Digabung

Dalam siaran persnya, Mendiknas menyampaikan bahwa sebelum kelulusan diumumkan, sekolah mengirimkan hasil nilai sekolah untuk digabungkan dengan hasil nilai UN ke Kemdiknas. Selanjutnya, setelah digabungkan dengan formula 60 persen UN ditambah dengan 40 persen nilai sekolah, nilai tersebut dikembalikan lagi ke sekolah.

“Sekolah merekap dengan mata pelajaran lain. Kan ada tujuh mata pelajaran lain yang harus lulus. Yang menentukan kelulusan tetap satuan pendidikan,” tandasnya.

Mendiknas juga mengatakan, dari peta nilai akan dilakukan analisa tiap sekolah. Bagi sekolah-sekolah yang nilainya rendah, akan dilakukan intervensi.“Pada 2010, Kemdiknas telah melakukan intervensi dengan memberikan insentif kepada 100 kabupaten/kota yang nilai UN-nya rendah. Kita beri dana Rp1 miliar sebagai stimulus,” ungkapnya.

Insentif tersebut diberikan bagi kabupaten/kota dengan persentase kelulusan siswa kurang dari 80 persen dan memiliki indeks kapasitas fiskal kurang dari 1. Adapun intervensi program yang dilakukan meliputi peningkatan kompetensi guru dan remedial.

Sumber: suaramerdeka.com

About these ads

31 comments on “BSNP Sosialisasikan UN 2011/(Permendiknas Nomor 45 Tahun 2010 tentang Kriteria Kelulusan dan Permendiknas Nomor 46 tentang Pelaksanaan UN SMP dan SMA Tahun Pelajaran 2010/2011)

  1. assalamualaikum, mohon bantuan utk mengirimkan file Permendiknas no 45 tahun 46 tahun 2010 ke email kami dan copy link sekalian ke fb : Eko Heru Prasetyo.
    terima kasih. wassalamualaikum wr. wb.

  2. Trimakasih kami yang di pedesaan bisa langsung down load sehingga bermanfaat untuk sosialisasi,syukur lagi kalo skl bisa dimuat dan di download juga

  3. POS UN 2011, ditunggu oleh guru dan masyarakat pemerhati pendidikan, sekalipun ada beberapa perubahan yang berkaitan dengan persayaratan lulus UN, namum persyaratan kelulusan satuan pendidikan sama seperti persyaratan kelulusan tahun 2010.

  4. trim atas info permindiknas no 45 tahun 2011 semoga menjadi amal ibadah dan terus berkarya demi memajukan pendidikan untuk anak bangsa tercinta Indonesia rayaku.

  5. Syukran ya akhi dengan adanya laman ini semoga amal jariah melalui ilmu yang bermanfaat yang diajarkan atau disampaikan kepada sesama terus mengalir pahalanya meskipun nanti akhi sudah tiada. Aamiiin

    Syukran

    Salam

  6. Saya Tryanto kepala SMA Negeri 4 Kendari, mau menanyakan isi Permendiknas No 59 Tahun 2011 khusunya tentang Ujian Sekolah dimana bunyi antar pasal tidak sejalan, yaitu;
    - Pada Bab I pasal 1, ayat (3) berbunyi …US/M …. yang dilakukan oleh sekolah/madrasah untuk semua mata pelajaran pada kelompok ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI

    - Pada Bab V, pasal 10 berbunyi: Setiap satuan pendidikan menyelenggarakan US/M UNTUK SEMUA MATA PELAJARAN.

    Mohon penjelasan/klarifikasi, agar kami tidak bingung dalam menyusun POS US

    Terima kasih

    Salam,

    Tryanto

    • Terima kasih atas kunjungannya.
      Sama Pak, pesepsi kami juga begitu. Permen dan POS ini kami unduh langsung dari site BNSP, karena hanya beberapa jam saja, kami membantu untuk memudahkan mengunduhnya.
      Kita sama2 tunggu, mudah2an ada penjelasan atau revisi dari BNSP.
      Terima kasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s