BROWSER UNTUK PUTRA-PUTRI MENJELAJAH DI INTERNET


Salah satu ketakutan paling besar dari para orang tua & guru untuk mendukung anak-anak menyambungkan diri ke Internet terutama adalah banyaknya hal-hal yang di rasakan kurang baik yang ada di Internet – apakah itu berbentuk pornografi, kekerasan dll.

Saya pribadi masih berpendapat bahwa solusi paling ampuh untuk hal tersebut adalah menguatkan iman & ketaqwaan anak-anak tersebut selain memberikan aktifitas yang banyak agar kelebihan energy yang ada di salurkan ke hal yang positif. Akan tetapi jika masih ada rasa takut akan hal-hal yang kurang baik tersebut. Tentunya ada beberapa perangkat lunak di komputer anda yang bisa membantu memfilter dan memblokir informasi yang kurang baik tadi. Pada kesempatan yang lain saya telah menerangkan proses pemfilteran & pemblokiran menggunakan fasilitas yang ada di Internet Explorer (IE 5.0) yang ada pada sistem operasi Windows.

Pada kesempatan ini saya mencoba membahas perangkat lunak tambahan apa saja yang mungkin bisa digunakan untuk melakukan pemblokiran / pemfilteran akan material yang kurang baik bagi anak & keluarga kita. Secara umum fungsi perangkat lunak tersebut ada dua (2) buah yang besar, yaitu:

1. Browser untuk anak-anak. Browser tersebut mempunya fungsi mirip dengan Internet Explorer atau Netscape digunakan untuk surfing di Internet. Akan tetapi di beri fasilitas untuk memfilter materi-materi yang diambil / dibaca oleh anak-anak kita dari Internet.

2. Perangkat lunak untuk melakukan bloking/filtering. Perangkat ini lebih kompleks daripada sekedar Browser. Fungsi perangkat ini seperti perangkat lunak proxy yang biasa digunakan di Warung Internet agar beberapa komputer dapat mengakses Internet secara bersama-sama melalui satu saluran komunikasi. Perangkat bloking/filtering ini sangat ideal untuk digunakan di server Warnet sebuah sekolah agar seluruh komputer di sekolah tersebut tidak bisa mengakses situs yang tidak baik.

Cuplikan singkat dari berbagai perangkat lunak yang masuk dalam ke dua kategori tersebut saya coba berikan daftarnya di bawah ini agar dapat menjadi referensi dalam mencari perangkat lunak tersebut di Internet. Sebagian besar dari daftar tersebut saya peroleh dari portal anak-anak yang saya pikir sangat baik yaitu http://www.yahooligans.com.

Browser untuk anak-anak.

1. Childrens’ Internet Browser – http://www.chibrow.com/informat.htm – di rancang untuk memberikan keleluasaan kontrol bagi orang tua terhadap apa-apa yang akan di akses oleh anak-nya. Daftar situs yang boleh di akses dapat dengan mudah di modifikasi menggunakan daftar yang sifatnya drop down di layar komputer anda.
2. Education World – http://www.education-world.com/ – sebuah browser yang di rancang untuk keperluan pendidikan.
3. HEYnetwork – http://www.heynetwork.com/index_2.html?refer=http://biz.yahoo.com/bw/000307/ny_heynetw_1.html – membangun komunitas tertutup dimana teman & keluarga dapat dengan aman berkomunikasi, melakukan eksplorasi / jalan-jalan di Internet maupun membeli barang. Browser ini dalam bahasa Inggris, Perancis & Spanyol.
4. Internet Safari – http://www.internet-safari.com/ – sebuah browser yang aman dengan animasi yang bertemakan hutan. Di rancang untuk memfilter situs dan melakukan eksplorasi Web yang aman.
5. KidDesk Internet Safe – http://www.edmark.com/prod/kdis/ – perangkat lunak yang akan mengatur hal apa saja yang dapat dilihat di layar komputer desktop mereka. Dengan cara ini orang tuda tidak perlu secara terus menerus mengawasi anak-anak pada saat bermain komputer. Termasuk di dalamnya ada beberapa overview tentang fitur keamanan.
6. Kiddonet – http://www.kiddonet.com/ – browser & tempat bermain untuk anak anda.
7. Kidweb – http://www.email-connection.com/KWFINAL.html – browser yang beranimasi yang di setup untuk mem-browse pada situs yang di setujui sebelumnya. Perangkat lunak akan mem-blok situs lainnya yang tidak di setujui.
8. PlanetGood – http://www.browsesafe.com/ – Daftar berbagai situs di review oleh manusia (orang) kemudian dibuatkan direktori yang dibagi berdasarkan umur si penjelajah cilik Internet.
9. Two Dog Net – http://www.childrensinternet.com/ – Menyediakan browser untuk anak-anak dengan berbagai fitur-nya.
10. Webkeys Prowler – http://www.webkeys.com/ – servis ini akan memblok content / informasi yang diperuntukan bagi orang dewasa dengan sebuah chip (IC) dan juga memberikan link ke situs untuk anak-anak.
11. Yahooligans – http://www.yahooligans.com/ – memberikan direktori yang aman bagi anak-anak yang sesuai dengan kurikulum di sekolah. Tentunya ada juga hal-hal yang menarik lainnya seperti berita, olah raga, humor dan masih banyak lagi.
12. Your Own World – http://www.yourownworld.com/ – di rancang untuk semua anak dari berbagai usia untuk melakukan surfing dalam lingkungan YOW yang terproteksi dan aman.

Sumber: Onno W. Purbo (pada: Seminar Nasional Pendidikan di Indosat 31 Agustus 2008)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s