Sulit Menulis Karya Ilmiah?


Ibu-Bapak guru yang menghadapi tantangan berat dalam menyusun karya tulis ilmiah, web http://www.gurupembaharu.com dapat menjadi mitra menyelesaikan masalah. Jangan menyatakan tidak bisa, itu bukan masalah yang tidak dapat dipecahkan. Yang pasti, semua pasti …bisa!

Kita ikuti saja saran Mochtar Lubis, jika Anda ingin belajar menulis maka menulislah. Jadi tidak sulit. Masalahnya adalah hanya soal bagaimana kita mengubah kebiasaan, serta membangun harapan dan kemauan. Yang dapat menjadi bukti adalah Ibu dan Bapak biasa menjelaskan banyak hal kepada siswa dengan lancar secara lisan. Itu pasti karena kebiasaan. Jadi masalah menyusun tulisan itu bukan tidak pandai, melainkan tidak membiasakan diri!

Satu lagi yang da menyemangati kita, Prof. Suharjono menyatakan bahwa dalam menulis KTI itu jangan membayangkan dulu yang sulit-sulit seperti hendak menyusun tesis atau disertasi. Jangan sampai karena hal itu membuat kita tidak jadi -jadi menulis KTI. Ini berbeda.

Tantangan yang sesungguhnya adalah bagaimana mulai menyimpan data mengenai apa yang terjadi dalam pelaksanaan tugas, berpikir sistematis, mencatat gejala-gejala yang menarik perhatian. Kemudian menyusun catatan itu sebagai bahan perbaikan tindakan dalam kelas atau dalam mengelola sekolah. Yang pasti kita harus terbiasa memperhatikan apa kata teori dan apa yang sebenarnya terjadi. Selanjutnya membandingkannya dan mencari solusi agar ada keselasan antara apa yang terjadi dengan teori. Tapi perlu diingat bahwa malapetaka dalam ilmu dapat terjadi jika teori yang baik diuji dengan data yang buruk. Ini akan menghasilkan kesimpulan yang salah. Jadi, kumpulkanlah data yang objektif dan bermutu.

2 comments on “Sulit Menulis Karya Ilmiah?

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.