Google Earth, Aplikasi Yang Cocok Bagi Guru Geografi Pengganti Atlas dalam Kegiatan Belajar Mengajar


Agus Oloan Naibaho

Google Earth adalah suatu aplikasi atau program Globe Virtual, dimana dalam aplikasi ini, kita dapat melihat Dunia atau dapat menjadi seorang penjelajah, astronot yang mampu menjelajahi alam semesta dalam waktu sekejap. Di Google Earth ini juga, kita dapat memperlihatkan rumah, warna mobil, bayangan manusia dan bahkan rambu-rambu lalu lintas. Intinya, dengan Google Earth ini, kita dapat berjalan-jalan mengelilingu dunia, bahkan bisa ke planet lain apabila kita memang benar-benar menguasai aplikasi yang satu ini.

Google Earth untuk selanjutnya dikenal dengan sebutan Globe Dunia pertama sekali dikembangkan oleh Keyhole, inc. Perusahaan yang diambil alih oleh Google pada tahun 2004, dari tahun 2005 setelah dipegang oleh Google, Aplikasi ini telah mengalami perkembangan yg amat luar biasa, dimana versi terbaru adalah Google Earth versi 5.2.1 yang memiliki resolusi dan akurasi yang hampir sempurna, dimana resolusi tertinggi ada pada ketinggian 15 cm (6 inci), dimana hanya Negara-Negara tertentu yang tidak dapat di foto satelit dengan baik yang gambar atau resolusinya jelek. Bahkan Negara-Negara Maju telah ditampilkan oleh Globe Dunia ini dengan tampilan 3D. Bahkan Globe Dunia ini mampu untuk menampilkan bangunan dan struktur (seperti jembatan dan jalan) 3 Dimensi yang didukung oleh aplikasi SketchUp, sebuah program permodelan 3D.

Pertama sekali saya ingin meng-install dan mempelajari Globe Dunia ini, karena saya adalah Guru TIK SMA disalah satu SMA Negeri di Medan. Tanggal 26 kemarin, saya didatangi Guru Bidang Study Geografi, minta tolong diajari bagaimana mengupdate Globe Dunia yg dia punya versi sebelumnya ke versi terbaru. Dengan santainya saya Download versi terbaru, terus saya Run atau Install, jadi dehh…!, tetapi saya terkejut karena Google Earth-nya memperlihatkan Globe atau Peta Dunia. Trus saya tanya “Bu, Ini aplikasi apa?”, jawab Ibu Geografinya “Ini Peta Dunia pak, jadi saya akan menggunakan aplikasi ini untuk bahan ajar Geografi, nanti saya suruh mereka menentukan titik lokasi tertentu di Sumatera Utara, atau mencari titik lokasi tempat tinggal mereka di Medan, jadi mereka tau, kalo Globe atau Peta kan rumit, ini udah online, jadi mereka juga tambah Pengetahuannya!”. Wah, bagus juga pemikiran Ibu ini, dia telah memanfaatkan Teknologi untuk menyampaikan Informasi kepada Siswa/i-nya, walau disekolah kami fasilitas Teknologi masih tergolong minim, dimana jumlah Komputer di Lab Komputernya masih separoh dari jumlah Siswa dalam satu ruangan, Internetnya juga masih dalam kecepatan rendah, apalagi sinyal Wi-fi belum jelas gara-gara pernah “kena petir”, Ibu Bidang Study Geografi ini rela beli Laptop sendiri, beli Modem Internet sendiri demi belajar dan tidak Gaptek alias Gagap Teknologi, Ibu Bidang study Geografi ini berujar lagi, “Di Globe Dunia ini pak, kita dapat menentukan dan melihat bangunan-bangunan yang telah di foto dari satelit”, sambil memutar-mutar Globe Dunia dengan mouse, katanya lagi “seperti ini pak, saya sudah buat lokasi rumah saya, lokasi rumah orang tua saya, dan bahkan lokasi SMA kita ini”. Sambil menunjukkan titik sekolah kami yang telah dia tandai, dan benar saja, lokasi sekolah kami yang tidak jauh dari Kanal Sungai yg panjang itu, yang jalan menuju ke sekolah kami masih rusak itu, tampak jika di Klik dengan jelasnya.

Otak saya langsung berpikir dengan cermatnya, wah ini cocok untuk bahan Artikel di Blogku Kompasiana, hitung-hitung memperkenalkan Google Earth dan juga memperkenalkan fungsinya, sekaligus memperkenalkan sekolahku yg memang kurang terkenal itu. Kok bisa yah, saya orang IT kebobolan oleh Google Earth ini? Memang saya sudah sering mendengar nama Google Earth ini, tetapi baru tau jika Globe Dunia ini ternyata memiliki fungsi yang luar biasa, yaitu:

1. Bisa kita bayangkan dengan Globe Dunia ini, Siswa atau peserta didik dapat melihat dengan jelas lokasi tempat tinggalnya, dapat menandai kira-kira dimana dia berada, dan bahkan dapat menelusuri daerah-daerah lain dalam waktu sekejap.
2. Dapat mengetahui dengan persisnya dan up to date dimana beradanya misalnya, Monumen Nasional kita, jika kita menjelajahi Jakarta dengan Globe Dunia, maka akan ditunjukkan foto terkini Monumen Nasional, hasil foto satelit, demikian juga dengan foto terkini kondisi Gunung St. Helens ataupun Gunung Everest dengan menggunakan foto 3 Dimensi.
3. Guru atau Pengajar tidak capek-capek lagi membentangkan Peta yang berukuran Besar, bahkan Globe yang harus diputar-putar, tetapi si Guru cukup membawa Laptop, Modem Internet, tahu gimana caranya menghubungkan Laptop dengan Layar Infokus (LCD), tahu bagaimana caranya mengkoneksikan Internet, tahu bagaimana mengaktifkan aplikasi Internet Explorer, Mozzila Firefox dan sejenisnya, sudah menginstall Google Earth, tahu bagaimana menjalankan Google Earth.
4. Siswa lebih aktif jadinya untuk mengetahui rahasia-rahasia didalam Google Earth, Guru benar-benar memegang peranan sebagai Pendidik, karena Guru hanya memberi arahan, instruksi dan mengawasi peserta didik. Pembelajaran telah mengarah kepada Siswa Aktif, bukan Pasif lagi hanya mendengar dan mendengar, tetapi dengan Aplikasi Google Earth digunakan, Siswa diharapkan mampu menunjukkan Lokasi-lokasi tertentu di Globe, tau persis dimana letaknya suatu daerah.
5. Dengan Globe Dunia, kita juga mampu menjelajahi Langit, Bulan dan Bahkan Mars, syarat utama, harus terkoneksi dengan Internet. Sehingga Siswa tahu bagaimana bentuk Mars yang sebenarnya, bentuk Bulan yang sebenarnya.
6. Kita dapat menjalankan peran kita sebagai seorang Astronot, karena di Google Earth ada fasilitas Simulator Penerbangan, dimana kita dapat ecek-eceknya jadi Pilot Pesawat Jet Tempur F-16 atau pesawat terbang baling-baling SR22, sehingga memicu daya nalar peserta didik kita untuk lebih aktif menggunakan Google Earth ini.
7. Di Globe dunia ini, kita juga mampu menambahkan Gambar ataupun obyek di titik-titik tertentu.

Walaupun Globe Dunia ini mendapat reaksi dari beberapa pihak karena masalah keamanan dan privasi, karena dengan Foto Satelit beberapa lokasi tertentu di beberapa Negara yang seharusnya rahasia, terkuak alias dapat diketahui oleh umum sehingga mengancam keamanan sebuah negara tersebut. Namun diatas semua kekurangan itu, Google Earth telah menunjukkan manfaat yang luar biasa, gimana Sekolah-sekolah lain, berminatkah menggunakan aplikasi Google Earth untuk memajukan pendidikan Bangsa Indonesia ? apakah Pelajaran Geografi sudah harus menggunakan aplikasi Globe Dunia ini?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s