MEMANFAATKAN PRINTER UNTUK MENGOREKSI HASIL ULANGAN SISWA


Oleh: Dedi Husnaeni

printerPenilaian kompetensi siswa dalam pembelajaran menjadi salah satu tugas guru yang penting. Penilaian tersebut dapat dilakukan bervariasi dan beragam disesuaikan dengan karakteristik bahan pembelajaran serta situasi dan kondisi pembelajaran yang dilakukan. Ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan akhir semester, dan ulangan kenaikan kelas pasti tidak asing lagi bagi kita, sebab setiap periode tertentu kita selalu melaksanakan, mengoreksi, dan mengolah nilainya.
Tidak jarang pada ulangan-ulangan tersebut kita menggunakan soal pilihan ganda. Ada beberapa teknik mengoreksi jawaban pilihan ganda. Beberapa sekolah yang sudah mempunyai alat pemindai LJK pasti sudah tidak merupakan masalah lagi, mereka akan menerima nilai dalam bentuk jadi sekaligus dengan hasil analisis butir soalnya. Sekolah yang belum memiliki alat tersebut dapat dipastikan guru-gurunya akan mengoreksi secara manual. Teknik pengoreksiannya pasti juga sangat beragam, ada yang menggunakan kertas dilubangi, plastik transparan ditandai dengan spidol permanen, bahkan ada juga yang memeriksa secara langsung dengan melihat kunci jawaban.

Berkaitan dengan hal tersebut, penulis akan berbagi pengalaman mengoreksi lembar jawaban pilihan ganda dengan memanfatkan printer.

Kelebihan menggunakan teknik ini, kita tinggal menghitung jawaban yang benar dengan tidak usah lagi membuat pola yang harus ditempel-tempelkan ke setiap lembar jawaban siswa.  Jawaban yang yang benar akan ditandai oleh printer. Ketika lembar jawaban siswa dibagikan, siswa akan mengetahui soal nomor berapa yang benar dan yang salah sehingga jika soal tersebut dibahas lagi di kelas akan memudahkan guru dalam menemukan kekeliruan siswa menjawab soal tersebut.

Kekurangannya, kita harus membuat pola di komputer, tetapi jangan khawatir untuk yang mau mencoba dengan telaten atau terbiasa menggunakan komputer pasti hal ini tadak akan menjadi masalah.

Langkah pengerjaannya:

1. Siapkan lembar jawaban pilhan ganda yang kosong.

2. Pindai/scan lembar jawaban tersebut, simpan dalam bentuk jpg/gambar (memindai bisa menggunakan photoshop, photoscap, atau aplikasi lain yang tersedia di komputer).

ljk uts 13-14

3. Buka microsoft word, buat halaman baru yang ukuran kertasnya sama persis dengan lembar jawaban yang akan dikoreksi, masuk ke footnote tempelkan gambar yang telah dipindai di footnote halaman baru (ukuran besarnya gambar seakurat mungkin harus sama dengan lembar jawaban yang akan dikoreksi)

word 1word kosong

4. Buat pola berupa blok berwarna untuk menandai jawaban yang salah pada gambar yang telah dipindai. Coba diprint, ingat letak hasil print harus pas dengan lembar jawaban yang akan dikoreksi.

word 2

5. Jika sudah pas, masuk lagi ke footnote, hapus gambar lembar jawaban yang ada di footnote.

word 3

6. Selesailah tugas kita membuat pola kunci jawaban dan tinggal menikmatinya.

7. Print lembar jawaban siswa yang akan dikoreksi.

Hasilnya:

ljk uts 13-14 isi blok

8. Sekarang kita tinggal menghitung bulatan atau tanda silang pada option yang tidak diblok.

9. Selamat mencoba…!

Contoh file koreksi yang sudah jadi silahkan unduh di SINI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s