UNIKNYA BAHASA INDONESIA


Bahasa Indonesia adalah bahasa resmi yang dipakai sehari-hari oleh orang Indonesia. Indonesia merupakan tempat dimana 748 bahasa yang tersebar di seluruh penjuru negeri dan dipakai secara berbeda antara satu bahasa dengan yang lainnya, bahasa Indonesia membantu orang Indonesia untuk berkomunikasi antara satu dan yang lainnya. Karena populasinya yang besar, jumlah penduduk yang memakai bahasa Indonesia dengan fasih hampir mencapai 100% dari jumlah penduduk Indonesia, yang mana menjadikan bahasa Indonesia, dan juga melayu menjadi salah satu bahasa yang paling banyak di pakai di dunia. Nama bahasa Indonesia untuk bahasa nya sendiri adalah Bahasa Indonesia (secara harfiah berarti “bahasa dari Indonesia”). Istilah ini kadang-kadang ditemukan dalam bahasa Inggris. Bahasa Indonesia kadang-kadang disebut “Bahasa” oleh penutur bahasa Inggris, walaupun secara harfiah hanya berarti “bahasa”.

Meskipun dipahami dan dituturkan oleh warga Indonesia, Bahasa Indonesia bukanlah bahasa ibu bagi kebanyakan penuturnya. Sebagian besar warga Indonesia menggunakan salah satu dari 748 bahasa yang ada di Indonesia sebagai bahasa ibu. Setiap bahasa mewakili satu etnik grup yang menggunakan bahasa tersebut sebagai alat komunikasi antar sesama suku. Penutur Bahasa Indonesia kerap kali menggunakan versi sehari-hari (kolokial) dan/atau mencampuradukkan dengan dialek lainnya. Misalnya, kebanyakan Indonesia, selain berbicara menggunakan bahasa nasional, juga kebanyakan fasih menggunakan bahasa daerah lainnya (Contohnya bahasa Jawa, bahasa Sunda, dan bahasa Madura) yang mana biasanya digunakan secara umum dalam komunitas lokal di daerah tertentu.

Bahasa Indonesia sendiri di tulis dalam tulisan Latin. Yang mana relatif cukup mudah untuk dipelajari. Bahasa Indonesia pada dasarnya berasal dari ejaan bahasa Belanda dan masih memiliki beberapa persamaan dengannya. Huruf konsonan direpresentasikan dalam cara yang mirip dalam bahasa Italia, walaupun /c/ selalu dieja /tʃ/ (seperti dalam bahasa Inggris /ch/), /g/ seperti /ɡ/ (“keras”) and /j/ direpresentasikan dengan /dʒ/ seperti halnya dalam bahasa Inggris. Tidak seperti bahasa Jerman atau bahasa Inggris, cara orang Indonesia mengucapkan huruf tersebut sama dengan apa yang tertulis.

Silakan lihat video berikut ini, bagaimana Wayne Rooney dan pemain Manchester United lainnya belajar bahasa Indonesia!

Cara orang Indonesia berkomunikasi sekarang ini, terkhususnya generasi muda menggunakan bahasa yang cukup berbeda dalam menggunakan istilah dalam percakapan sehari-hari/kolokial dan bahasa gaul. Istilah ‘bahasa gaul’ seringkali diaplikasikan dari bahasa sehari-hari bahasa Indonesia Jakarta (Jakarta adalah ibukota dari Indonesia) yang mana tidak digunakan dalam bahasa formal Indonesia. Akan tetapi, banyak dari istilah tersebut digunakan dalam kehidupan sehari-hari, misalnya dalam percakapan orang Jakarta terdidik bahasa tersebut dianggap sebagai bahasa percakapan standar sehari-hari oleh kebanyak orang Indonesia lainnya. Yang menarik adalah bahwa banyak bahasa gaul yang diciptakan berdasarkan adopsi dari bahasa daerah diantara 748 bahasa yang ada tersebut.

Sumber: http://www.lexiophiles.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s