Soal PT 14 UN Bahasa Indonesia SMP


SKL:
– 
memvariasikan kata
–  memvariasikan kalimat
–  menulis dengan ilustrasi tertentu
–  mengubah teks ke bentuk lain

1. Perhatikan teks berikut!
Pak Heru memberikan sumbangan tanpa pamrih.
Kalimat yang semakna dengan kalimat di atas adalah …
A. Pak Heru memberikan sumbangan dengan imbalan.
B. Pak Heru memberikan sumbangan dengan ikhlas.
C. Pak Heru memberikan sumbangan dengan congkak.
D. Pak Heru memberikan sumbangan dengan tenang.

2. Bacalah kalimat berikut!
Ayah mengendarai mobil mengelilingi taman kota.
Kalimat yang semakna dengan kalimat di atas adalah …
A. Ayah mengemudikan mobil mengelilingi taman kota.
B. Ayah menunggangi mobil mengelilingi taman kota.
C. Ayah menaiki mobil mengelilingi taman kota.
D. Ayah menumpang mobil mengelilingi taman kota.

3. Bacalah kalimat berikut!
Ibu memotong bawang ketika memasak sayur.
Kalimat yang semakna dengan kalimat di atas adalah …
A. Ibu mengupas bawang ketika memasak sayur.
B. Ibu membelah bawang ketika memasak sayur.
C. Ibu mencincang bawang ketika memasak sayur.
D. Ibu mengiris bawang ketika memasak sayur.

4. Bacalah kalimat berikut!
Ibu sangat cemas ketika adik belum pulang juga.
Kalimat yang semakna dengan kalimat di atas adalah …
A. Ibu sangat khawatir ketika adik belum pulang juga.
B. Ibu sangat takut ketika adik belum pulang juga.
C. Ibu sangat bingung ketika adik belum pulang juga.
D. Ibu sangat tegang ketika adik belum pulang juga.

5. Bacalah kalimat berikut!
Karet memiliki  elastisitas yang tinggi.
Kalimat yang semakna dengan kalimat di atas adalah …
A. Karet memiliki tingkat peregangan yang tinggi.
B. Karet memiliki tingkat kelonggaran yang tinggi.
C. Karet memiliki tingkat kelenturan yang tinggi.
D. Karet memiliki tingkat kekuatan yang tinggi.

6. Bacalah kalimat berikut!
Hujan turun dengan deras pagi ini.
Kalimat yang semakna dengan kalimat di atas adalah …
A. Hujan turun dengan rapat pagi ini.
B. Hujan turun dengan lebat pagi ini.
C. Hujan turun dengan cepat pagi ini.
D. Hujan turun dengan banyak pagi ini.

 

  1. Bacalah kalimat berikut!

Barang-barang kebutuhan rumah tangga dibeli ibu di toko Murah.

 

Kalimat yang semakna dengan kalimat di atas adalah…

  1. Ibu membelikan barang-barang kebutuhan rumah tangga di toko Murah.
  2. Di toko Murah, barang-barang kebutuhan rumah tangga dibelikan ibu.
  3. Ibu membeli barang-barang kebutuhan rumah tangga di toko Murah.
  4. Barang-barang kebutuhan rumah tangga dibelikan ibu di toko Murah.

 

  1. Bacalah kalimat berikut!

 

Kami telah mempelajari materi fotosintesis di laboratorium IPA.

 

Kalimat yang semakna dengan kalimat di atas adalah…

  1. Materi fotosintesis telah kami pelajari di laboratorium IPA.
  2. Di laboratorium IPA, kami telah dipelajari materi fotosintesis.
  3. Materi fotosintesis telah dipelajari oleh kami di laboratorium IPA.
  4. Di laboratorium IPA tempat kami mempelajari materi fotosintesis.

 

  1. Bacalah kalimat berikut!

Wanita yang bersepatu merah itu sedang membaca buku di taman.

 

Kalimat yang semakna dengan kalimat di atas adalah…

  1. Buku sedang dibaca oleh wanita yang bersepatu merah itu di taman.
  2. Wanita yang bersepatu merah itu sedang membacakan buku di taman.
  3. Buku sedang dibacakan wanita yang bersepatu merah itu di taman.
  4. Di taman, wanita yang bersepatu merah itu sedang membacakan buku.

 

  1. Bacalah kalimat berikut!

Rasa tanggung jawab dan disiplin harus dimiliki oleh tiap siswa.

 

Kalimat yang semakna dengan kalimat di atas adalah …

  1. Rasa tanggung jawab dan disiplin harus memiliki tiap siswa.
  2. Tiap siswa harus memiliki rasa tanggung jawab dan disiplin.
  3. Tiap siswa harus dimiliki rasa tanggung jawab dan disiplin.
  4. Tiap siswa harus milik rasa tanggung jawab dan disiplin.

 

  1. Bacalah kalimat berikut!

Mereka akan menyumbangkan baju layak pakai untuk menolong korban bencana banjir.

 

Kalimat yang semakna dengan kalimat di atas adalah …

  1. Mereka akan nyumbang baju layak pakai untuk menolong korban bencana banjir.
  2. Baju layak pakai akan mereka sumbangkan untuk menolong korban bencana banjir.
  3. Untuk membantu korban bencana banjir, baju layak pakai mereka akan sumbangkan.
  4. Baju layak pakai disumbangkan oleh mereka untuk membantu korban bencana banjir.

 

  1. Bacalah kalimat berikut!

Bantuan pendidikan akan diberikan oleh pemerintah bagi siswa berprestasi.

 

Kalimat yang semakna dengan kalimat di atas adalah …

  1. Bantuan pendidikan akan memberikan oleh pemerintah bagi siswa berprestasi.
  2. Bagi siswa berprestasi akan diberikan bantuan pendidikan.
  3. Pemerintah akan diberikan bantuan pendidikan bagi siswa berprestasi.
  4. Pemerintah akan memberikan bantuan pendidikan bagi siswa berprestasi.
  5. Bacalah ilustrasi berikut!

Sebuah peristiwa kecelakaan terjadi di tol Jagorawi, Jawa Barat pada hari Minggu, 30 April 2017 sekitar pukul 17.30. Kecelakaan tersebut menimpa bus yang rem depannya blong. Penumpang bus tersebut banyak yang tewas seketika.

 

Teks eksposisi yang tepat sesuai ilustrasi tersebut adalah …

  1. Kecelakaan beruntun terjadi di jalan tol Cikampek ruas sebelah kanan, Minggu (30/4) sekitar pukul 17.30. Kecelakaan terjadi karena rem bus paling depan blong. Banyak penumpang tewas seketika.
  2. Kecelakaan beruntun terjadi di jalan tol Jagorawi ruas sebelah kanan. Kecelakaan terjadi pada Minggu (30/4) sekitar pukul 17.30. Diduga kecelakaan terjadi karena rem bus paling depan blong akibat beban yang melebihi kapasitas.
  3. Kecelakaan beruntun terjadi di jalan tol Cikampek, Kecelakaan terjadi pukul 17.30, minggu (30/4). Penyebab utamanya adalah bus paling depan melebihi kapasitas muatan. Polisi lalu lintas segera mengatur arus lalu lintas.
  4. Minggu, 30/4) sekitar pukul 17.30 terjadi kecelakaan beruntun di tol Jagorawi. Diduga kecelakaan terjadi karena rem depan bus blong. Banyak penumpang tewas seketika.

 

  1. Bacalah ilustrasi berikut!

(1) Peristiwa yang terjadi: Pesawat Sarijaya Air tergelincir

(2) Orang yang mengalami peristiwa: 131 penumpang dan awak       pesawat

(3) Tempat terjadinya peristiwa: Di Bandara Adi Sutjipto

(4) Waktu terjadinya: Rabu, 28 Desember 2011, pukul 17.15.

(5) Penyebab terjadinya peristiwa: Cuaca buruk

 

Teks eksposisi yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah …

  1. Saksi mata mengemukakan bahwa pesawat Sarijaya Air tergelincir karena faktor cuaca buruk. Saat mendarat pesawat keluar dari ujung landasan pacu dan berbelok ke kiri. Kemudian, pesawat terhenti di lapangan rumput sekitar 200 meter dari ujung landasan. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini.
  2. Peristiwa tergelincirnya pesawat kembali terjadi di Bandara Adi Sutjipto. Kali ini menimpa Sarijaya Air yang membawa 131 penumpang dan awak pesawat. Peristiwa tersebut terjadi Rabu, 10 Mei 2017 sekitar pukul 17.15. Peristiwa itu terjadi karena faktor cuaca buruk.
  3. Petugas bandara mengatakan bahwa pesawat Sarijaya Air di Bandara Adi Sutjipto pada Rabu petang. Pesawat tergelincir karena faktor cuaca buruk. Saat mendarat pesawat keluar dari ujung landasan pacu dan berbelok ke kiri. Kemudian, pesawat berhenti di lapangan rumput sekitar 200 meter dari ujung landasan.
  4. Sarijaya Air tergelincir karena faktor cuaca buruk, Saat mendarat pesawat keluar dari ujung landasan pacu dan berbelok kek iri. Kemudian, pesawat berhenti di lapangan rumput sekitar 200 meter dari ujung landasan. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini.

 

  1. Perhatikan teks berikut!

Dimas, seorang warga menginformasikan bahwa pada pukul 24.00 saat pergantian tahun terjadi kecelakaan karena kembang api. Korban kecelakaan tersebut bernama Adam berusia 40 tahun.

 

Teks eksposisi yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah …

  1. Malam pergantian tahun dirayakan dengan kembang api yang sangat meriah. Tepat pukul 24.00 pesta kembang api dimulai semua warga. Menyambut gembira tanta menghiraukan keselamatan.
  2. Malam pergantian tahun disambut dengan pesta kembang api. Adam 40 tahun, menjadi korban salah sulut pada pesta kembang api tersebut. Kejadian tersebut tepat pukul 24.00, tutur Dimas seorang warga yang menyaksikan.
  3. Dimas seorang warga mengikuti pesta kembang api yang menelan korban. Pada malam pergantian tahun, sudah menjadi tradisi bagi sebagian warga memeriahkannya dengan pesta kembang api.
  4. Adam, salah seorang yang menyaksikan pesta kembang api pada malam pergantian tahun, menjadi korban kecelakaan lalu lintas. Hal ini seperti dituturkan oleh Dimas adalah saksi mata peristiwa tersebut.

 

  1. Perhatikan data berikut!

Pengamatan daun mawar:

–  Panjang daun 5–15 cm, dua-dua berlawanan (pinnate).

–  Daun majemuk tiap tangkai 3–5 hingga 9 atau 13 anak daun.

–  Daun penumpu bentuknya lonjong, pertulangan menyirip, tepi-tepi meringgit, meruncing pada ujung daun.

 

Penulisan teks laporan yang sesuai dengan data- data tersebut yang tepat adalah …

  1. Sebagian besar spesies mawar mempunyai daun yang panjangnya antara 5–15 cm, dua- dua berlawanan (pinnate). Daun majemuk yang tiap tangkai daun terdiri dari paling sedikit 3 atau 5 hingga 9 atau 13 anak daun. Daun penumpu (stipula) berbentuk lonjong, pertulangan menyirip, tepi beringgit, meruncing pada ujung daun.
  2. Bunga mawar terdiri dari 5 helai daun mahkota dengan perkecualian rosa sericea yang hanya memiliki 4 helai daun mahkota. Warna bunga biasanya putih dan merah jambu atau kuning dan merah pada beberapa spesies. Ovari berada di bagian bawah daun mahkota dan daun kelopak.
  3. Beberapa spesies yang tumbuh liar di tanah berpasir di daerah pantai. Seperti Rosa rugose dan Rosa pimpinellifolia beradaptasi dengan duri lurus seperti jarum yang mungkin berfungsi untuk mengurangi kerusakan akibat dimakan binatang, menahan pasir yang diterbangkan angin, dan melindungi akar dari erosi.
  4. Sebagian besar spesies mawar mempunyai daun yang pajangnya, dua-dua berlawanan. Daun majemuk yang tiap tangkai daun terdiri dari paling sedikit 9 atau 13 anak daun. Minyak mawar adalah salah satu minyak atsiri hasil penyulingan dan penguapan daun-daun mahkota sehingga dapat dibuat menjadi parfum.

 

  1. Bacalah teks berikut!

Sunarto duduk di kursi bambu di samping pintu rumahnya. Dia memandang apartemen yang ada di hadapannya. Wajahnya tampak serius.

“To…, To…, sudah masuk. Makan tuh, sudah emak buatin oncom sama lenca kesukaanmu,” kata Mak Inah dari dalam.

“Sebentar, Mak. Toto belum lapar,” kata Sunarto suaranya lesu.

“Aku heran, Mak. Daerah kampung seperti ini, kok orang mau mendirikan apartemen.”

 

Cerita dengan sudut pandang berbeda dari cerita tersebut adalah …

  1. Dia duduk di kursi bambu di samping pintu rumahnya. Dia memandang apartemen yang ada di depannya. Wajahnya tampak serius. “To.., To…, sudah masuk. Makan tuh, sudah emak buatin oncom sama lenca kesukaanmu,” kata Mak Inah dari dalam.

“Sebentar, Mak. Toto belum lapar,” kata dia suaranya lesu.

“Aku heran, Mak. Daerah kampung seperti ini, kok orang mau mendirikan aparteman.”

  1. Mereka duduk di kursi bambu di samping pintu rumahnya. Mereka memandang apartemen yang ada di depannya. Wajahnya tampak serius. “To.., To…, sudah masuk. Makan tuh, sudah emak buatin oncom sama lenca kesukaanmu,” kata Mak Inah dari dalam.

“Sebentar, Mak. Toto belum lapar,” kata mereka suaranya lesu.

“Aku heran, Mak. Daerah kampung seperti ini, kok orang mau mendirikan aparteman.”

  1. Aku duduk di kursi bambu di samping pintu rumahku. Aku memandang apartemen yang ada di depannya. Wajahku tampak serius. “To.., To…, sudah masuk. Makan tuh, sudah emak buatin oncom sama lenca kesukaanmu,” kata Mak Inah dari dalam.

“Sebentar, Mak. Toto belum lapar,” kataku lesu.

“Aku heran, Mak. Daerah kampung seperti ini, kok orang mau mendirikan aparteman.”

  1. Kami duduk di kursi bambu di samping pintu rumah kami. Kami memandang apartemen yang ada di depan kami. Wajah kami tampak serius.

“To.., To…, sudah masuk. Makan tuh, sudah emak buatin oncom sama lenca kesukaanmu,” kata Mak Inah dari dalam.

“Sebentar, Mak. Toto belum lapar,” kata kami suaranya lesu.

“Aku heran, Mak. Daerah kampung seperti ini, kok orang mau mendirikan aparteman.”

 

  1. Cara Mebuat Jus Alpukat

(1) Ambil buah alpukat, lalu dibelah menjadi dua bagian!

(2) Buanglah biji alpukat dan ambil dagingnya, lalu dimasukkan ke dalam blender!

(3) Tambahkan susu kental manis, gula, dan es batu!

(4)  Blender buah alpukat dengan kecepatan sedang hingga halus.!

(5) Tuang jus alpukat ke dalam gelas! (6)   Jus alpukat siap untuk dinikmati.

 

Teks eksposisi berdasarkan petunjuk tersebut adalah …

  1. Membuat jus alpukat sangat mudah. Bahan berupa buah alpukat, susu kental manis putih, dan gula. Jus alpukat merupakan minuman yang mengandung banyak vitamin. Jus alpukat baik dikonsumsi tiap hari, terutama para remaja. Jus ini dapat menghaluskan kulit. Jus alpukat bisa dibawa untuk bekal di sekolah.
  2. Jus alpukat dapat dibuat dengan mudah. Pertama ambil buah alpukat, lalu dibelah menjadi dua bagian. Kedua, ambil dagingnya dan dimasukkan ke dalam blender. Tambahkan sedikit air, susu kental manis, dan gula yang sudah dicairkan. Ketiga, blender bahan tersebut dengan kecepatan sedang hingga halus. Masukkan es batu ke dalam gelas lalu tuang jus alpukat ke dalamnya. Jus alpukat siap dinikmati.
  3. Pernahkan Anda membuat jus alpukat? Jus alpukat mudah dibuat dan tidak membutuhkan waktu lama untuk membuatnya. Bahannya pun sangat mudah didapat. Buah alpukat dapt dibeli di pasar atau kios buah. Bagi yang menyukai jus ini, rasanya sangat lembut. Selain mengandung banyak vitamin, jus alpukat mengandung lemak tak jenuh yang baik untuk tubuh. Silakan mencoba membuat jus alpukat.
  4. Menurut saya, jus alpukat adalah minuman yang menyehatkan. Jus ini terbuat dari buah alpukat yang mengandung lemak tak jenuh. Lemak tak jenuh bermanfaat menurunkan kolesterol LDL sehingga dapat mencegah stroke, penyakit jantung, darah tinggi, dan kanker. Kandungan lemak tak jenuh sangat mudah dicerna.

 

  1. Perhatikan data berikut!

– Kegiatan “Jumat Bersih”

– Kelas mendapat bagian

–  Tujuan kegiatan

 

Teks laporan sesuai dengan data tersebut adalah…

  1. Kegiatan Jumat bersih dilakukan tiap hari Jumat. Mereka yang terlibat dalam kegiatan ini digilir sesuai dengan jadwalnya. Misalnya, Jumat minggu pertama kelas VII. Jumat minggu kedua kelas VIII dan minggu ketiga kelas IX. Biasanya anak laki-laki membersihkan di luar kelas, anak perempuan di dalam kelas.
  2. Kegiatan “Jumat Bersih” sudah berlangsung enam bulan. Hasilnya cukup memuaskan selain lingkungan sekolah selalu bersih juga menanamkan pembiasaan hidup bersih kepada warga sekolah. Mereka yang di rumahnya tidak pernah menggerakkan sapu kini dibiasakan untuk memanfaatkan sapu sesuai dengan fungsinya.
  3. Hari Jumat dimanfaatkan untuk melakukan bersih-bersih. Anak-anak dan guru-guru di SMP Angkasa Biru melakukannya dengan senang hati. Mereka saling membagi lahan untuk dibersihkan. Ada yang membersihkan taman, tempat parkir, kantin, dan lain-lain. Anak perempuan menyapu dan mengepel serta mengelap kaca kelas.
  4. Tiap hari Jumat SMP Angkasa Biru melakukan kegiatan “Jumat Bersih”. Tiap kelas mendapat bagian atau lahan berbeda-beda. Ada yang membersihkan bagian taman belakang, taman samping, sekitar musala, dan ada juga di sekitar kantin. Kegiatan ini bertujuan membiasakan hidup bersih dan peduli kebersihan lingkungan.

 

  1. Perhatikan data berikut!

 

Teks laporan yang sesuai dengan data tersebut adalah …

  1. Kantin SMP Nusantara terletak di belakang perpustakaan. Kantin tersebut dibagi menjadi empat ruang. Ruangan-ruangan itu dicat dengan warna sama, yaitu biru. Tiap ruangan menyediakan menu yang berbeda.
  2. SMP Nusantara mempunyai kantin sehat. Kantin itu berdekatan dengan perpustakaan. Kantin dan perpustakaan dicat dengan warna yang sama. Makanan di tiap kantin berbeda-beda sesuai dengan selera siswa.
  3. Kantin di SMP Nusantara dibagi menjadi empat ruangan. Tiap ruangan menjual makanan dan minuman yang nyaris sama. Namun, mereka mempunyai pelanggan masing-masing. Kantin tersebut terletak dekat perpustakaan.
  4. SMP Nusantara mempunyai perpustakaan. Perpustakaan tersebut terletak dekat kantin yang menyediakan berbagai menu makanan dan minuman. Tiap kantin menjual makanan yang berbeda dengan kantin yang lainnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.