Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Teks Cerita Pendek


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

Sekolah                        : SMP ….

Mata Pelajaran           : Bahasa Indonesia

Kelas/Semester           : IX/Ganjil

Materi Pokok              : Teks Cerita Pendek

Alokasi Waktu             : 4 Minggu x 6 Jam Pelajaran @40 Menit

(4 PERTEMUAN 24 JAM PELAJARAN)

 

  1. Kompetensi Inti
  • KI1 dan KI2: Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya serta Menghargai dan menghayati perilaku jujur,disiplin,santun,percaya diri,peduli, danbertanggung jawabdalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan kawasan regional.
  • KI3: Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
  • KI4: Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secarakreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.

 

  1. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar Indikator
3.5 Mengidentifikasi unsur pembangun karya sastra dalam teks cerita pendek yang dibaca atau didengar ·      Mengidentifikasi unsur pembangun karya sastra dalam teks cerita pendek yang dibaca atau didengar

·      Menganalisis unsur-unsur pembangun karya sastra dengan bukti yang mendukung dari teks  cerita pendek

·      Menjelaskan unsur-unsur pembangun karya sastra dengan bukti yang mendukung dari teks  cerita pendek yang dibaca atau didengar

4.5 Menyimpulkan unsur-unsur pembangun karya sastra dengan bukti yang mendukung dari cerita pendek yang dibaca atau didengar ·      Menyimpulkan unsur-unsur pembangun karya sastra dengan bukti yang mendukung dari teks  cerita pendek yang dibaca atau didengar
3.6 Menelaah struktur dan aspek kebahasaan cerita pendek yang dibaca atau didengar ·      Menjelaskan struktur  dan aspek kebahasaan cerita pendek yang dibaca atau didengar

·      Menjelaskan model teks narasi cerpen

·      Menjelaskan kerangka cerita pendek berdasarkan pengalaman atau gagasan

4.6 Mengungkapkan pengalaman dan gagasan dalam bentuk cerita pendek dengan memperhatikan struktur dan kebahasaan ·      Menyusun kerangka cerita pendek berdasarkan pengalaman atau gagasan

·       Menyusun cerita pendek berdasarkan kerangka dengan memperhatikan struktur teks dan kebahasaan

 

  1. Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:

  • Mengidentifikasi unsur pembangun karya sastra dalam teks cerita pendek yang dibaca atau didengar
  • Menganalisis unsur-unsur pembangun karya sastra dengan bukti yang mendukung dari teks cerita pendek
  • Menjelaskan unsur-unsur pembangun karya sastra dengan bukti yang mendukung dari teks cerita pendek yang dibaca atau didengar
  • Menyimpulkan unsur-unsur pembangun karya sastra dengan bukti yang mendukung dari teks cerita pendek yang dibaca atau didengar
  • Menjelaskan struktur dan aspek kebahasaan cerita pendek yang dibaca atau didengar
  • Menjelaskan model teks narasi cerpen
  • Menjelaskan kerangka cerita pendek berdasarkan pengalaman atau gagasan
  • Menyusun kerangka cerita pendek berdasarkan pengalaman atau gagasan
  • Menyusun cerita pendek berdasarkan kerangka dengan memperhatikan struktur teks dan kebahasaan

 

  1. Materi Pembelajaran
  • Unsur pembangun karya sastra (cerpen)
  • Model teks narasi (cerpen)

 

  • Struktur teks narasi (cerpen)
  • Ciri-ciri kebahasaan teks narasi: kata/kalimat deskriptif, kata ekspresif,
  • Model teks narasi cerpen.

 

  1. Metode Pembelajaran

Model Pembelajaran        : Discovery Learning

Metode                 : Tanya jawab, wawancara, diskusi dan bermain peran

 

 

  1. Media Pembelajaran

Media :

  • Worksheet atau lembar kerja (siswa)
  • Lembar penilaian
  • LCD Proyektor

 

Alat/Bahan :

  • Penggaris, spidol, papan tulis
  • Laptop & infocus

 

 

  1. Sumber Belajar
  • Buku Bahasa Indonesia Siswa Kelas IX, Kemendikbud, Tahun 2018
  • Buku refensi yang relevan,
  • Lingkungan setempat

 

  1. Langkah-Langkah Pembelajaran
1. Minggu Ke-1 (6 x 40 Menit)
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)
Guru :
Orientasi
Melakukan pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Aperpepsi
Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
Apabila materitema/projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :
  Unsur pembangun karya sastra (cerpen)
 
Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
Mengajukan pertanyaan
Pemberian Acuan
Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
Pembagian kelompok belajar
Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
Kegiatan Inti ( 180 Menit )
Sintak Model Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi Unsur pembangun karya sastra (cerpen) dengan cara :
Melihat (tanpa atau dengan Alat)
  Menayangkan gambar/foto/video yang relevan.
Mengamati
Lembar kerja materi Unsur pembangun karya sastra (cerpen)
Pemberian contoh-contoh materi Unsur pembangun karya sastra (cerpen) untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb
Membaca.
  Kegiatan literasi ini dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan Unsur pembangun karya sastra (cerpen)
Menulis
  Menulis resume dari hasil pengamatan dan bacaan terkait Unsur pembangun karya sastra (cerpen)
Mendengar
  Pemberian materi Unsur pembangun karya sastra (cerpen) oleh guru.
Menyimak
  Penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi :
  Unsur pembangun karya sastra (cerpen)
   
  untuk melatih rasa syukur, kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari informasi.
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
Mengajukan pertanyaan tentang materi :
  Unsur pembangun karya sastra (cerpen)
   
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.
Data
collection
(pengumpulan
data)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
Mengamati obyek/kejadian
  Mengamati dengan seksama materi Unsur pembangun karya sastra (cerpen) yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya.
Membaca sumber lain selain buku teks
  Secara disiplin melakukan kegiatan literasi dengan mencari dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi Unsur pembangun karya sastra (cerpen) yang sedang dipelajari.
Aktivitas
  Menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi Unsur pembangun karya sastra (cerpen) yang sedang dipelajari.
Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber
  Mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi Unsur pembangun karya sastra (cerpen) yang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru.
   
COLLABORATION (KERJASAMA)
Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk:
Mendiskusikan
  Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai materi Unsur pembangun karya sastra (cerpen)
Mengumpulkan informasi
  Mencatat semua informasi tentang materi Unsur pembangun karya sastra (cerpen) yang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
Mempresentasikan ulang
  Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi dengan rasa percaya diri Unsur pembangun karya sastra (cerpen) sesuai dengan pemahamannya.
Saling tukar informasi tentang materi :
  Unsur pembangun karya sastra (cerpen)
   
dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
Data
processing
(pengolahan
Data)
COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
Berdiskusi tentang data dari Materi :
  Unsur pembangun karya sastra (cerpen)
   
Mengolah informasi dari materi Unsur pembangun karya sastra (cerpen) yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Unsur pembangun karya sastra (cerpen)
Verification (pembuktian) CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi :
  Unsur pembangun karya sastra (cerpen)
   
antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
Generalization (menarik kesimpulan) COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
Menyampaikan hasil diskusi  tentang materi Unsur pembangun karya sastra (cerpen) berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan.
Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang materi :
  Unsur pembangun karya sastra (cerpen)
   
Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan tentanag materi  Unsur pembangun karya sastra (cerpen) dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan.
Bertanya atas presentasi tentang materi  Unsur pembangun karya sastra (cerpen) yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan  untuk menjawabnya.
   
CREATIVITY (KREATIVITAS)
Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa :
  Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang materi :
  Unsur pembangun karya sastra (cerpen)
   
Menjawab pertanyaan tentang materi  Unsur pembangun karya sastra (cerpen) yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi  Unsur pembangun karya sastra (cerpen) yang akan selesai dipelajari
Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi  Unsur pembangun karya sastra (cerpen) yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.
Catatan : Selama pembelajaran  Unsur pembangun karya sastra (cerpen) berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme,  disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan
Kegiatan Penutup (15 Menit)
Peserta didik :
Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi  Unsur pembangun karya sastra (cerpen) yang baru dilakukan.
Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran  Unsur pembangun karya sastra (cerpen) yang baru diselesaikan.
Mengagendakan materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa untuk materi pelajaran  Unsur pembangun karya sastra (cerpen)
Peserta didik yang  selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian tugas
Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran  Unsur pembangun karya sastra (cerpen) kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
2. Minggu Ke-2 (6 x 40 Menit)
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)
Guru :
Orientasi
Melakukan pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Aperpepsi
Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
Apabila materitema/projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :
  Struktur teks narasi (cerpen)
 
Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
Mengajukan pertanyaan
Pemberian Acuan
Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
Pembagian kelompok belajar
Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
Kegiatan Inti ( 180 Menit )
Sintak Model Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi Struktur teks narasi (cerpen) dengan cara :
Melihat (tanpa atau dengan Alat)
  Menayangkan gambar/foto/video yang relevan.
Mengamati
Lembar kerja materi Struktur teks narasi (cerpen)
Pemberian contoh-contoh materi Struktur teks narasi (cerpen) untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb
Membaca.
  Kegiatan literasi ini dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan Struktur teks narasi (cerpen)
Menulis
  Menulis resume dari hasil pengamatan dan bacaan terkait Struktur teks narasi (cerpen)
Mendengar
  Pemberian materi Struktur teks narasi (cerpen) oleh guru.
Menyimak
  Penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi :
  Struktur teks narasi (cerpen)
   
  untuk melatih rasa syukur, kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari informasi.
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
Mengajukan pertanyaan tentang materi :
  Struktur teks narasi (cerpen)
   
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.
Data
collection
(pengumpulan
data)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
Mengamati obyek/kejadian
  Mengamati dengan seksama materi Struktur teks narasi (cerpen) yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya.
Membaca sumber lain selain buku teks
  Secara disiplin melakukan kegiatan literasi dengan mencari dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi Struktur teks narasi (cerpen) yang sedang dipelajari.
Aktivitas
  Menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi Struktur teks narasi (cerpen) yang sedang dipelajari.
Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber
  Mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi Struktur teks narasi (cerpen) yang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru.
   
COLLABORATION (KERJASAMA)
Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk:
Mendiskusikan
  Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai materi Struktur teks narasi (cerpen)
Mengumpulkan informasi
  Mencatat semua informasi tentang materi Struktur teks narasi (cerpen) yang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
Mempresentasikan ulang
  Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi dengan rasa percaya diri Struktur teks narasi (cerpen) sesuai dengan pemahamannya.
Saling tukar informasi tentang materi :
  Struktur teks narasi (cerpen)
   
dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
Data
processing
(pengolahan
Data)
COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
Berdiskusi tentang data dari Materi :
  Struktur teks narasi (cerpen)
   
Mengolah informasi dari materi Struktur teks narasi (cerpen) yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Struktur teks narasi (cerpen)
Verification (pembuktian) CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi :
  Struktur teks narasi (cerpen)
   
antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
Generalization (menarik kesimpulan) COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
Menyampaikan hasil diskusi  tentang materi Struktur teks narasi (cerpen) berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan.
Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang materi :
  Struktur teks narasi (cerpen)
   
Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan tentanag materi  Struktur teks narasi (cerpen) dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan.
Bertanya atas presentasi tentang materi  Struktur teks narasi (cerpen) yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan  untuk menjawabnya.
   
CREATIVITY (KREATIVITAS)
Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa :
  Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang materi :
  Struktur teks narasi (cerpen)
   
Menjawab pertanyaan tentang materi  Struktur teks narasi (cerpen) yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi  Struktur teks narasi (cerpen) yang akan selesai dipelajari
Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi  Struktur teks narasi (cerpen) yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.
Catatan : Selama pembelajaran  Struktur teks narasi (cerpen) berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme,  disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan
Kegiatan Penutup (15 Menit)
Peserta didik :
Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi  Struktur teks narasi (cerpen) yang baru dilakukan.
Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran  Struktur teks narasi (cerpen) yang baru diselesaikan.
Mengagendakan materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa untuk materi pelajaran  Struktur teks narasi (cerpen)
Peserta didik yang  selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian tugas
Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran  Struktur teks narasi (cerpen) kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
3. Minggu Ke-3 (6 x 40 Menit)
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)
Guru :
Orientasi
Melakukan pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Aperpepsi
Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
Apabila materitema/projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :
  Ciri-ciri kebahasaan teks narasi: kata/kalimat deskriptif,  kata ekspresif,  majas
 
Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
Mengajukan pertanyaan
Pemberian Acuan
Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
Pembagian kelompok belajar
Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
Kegiatan Inti ( 180 Menit )
Sintak Model Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi Ciri-ciri kebahasaan teks narasi: kata/kalimat deskriptif,  kata ekspresif,  majas dengan cara :
Melihat (tanpa atau dengan Alat)
  Menayangkan gambar/foto/video yang relevan.
Mengamati
Lembar kerja materi Ciri-ciri kebahasaan teks narasi: kata/kalimat deskriptif,  kata ekspresif,  majas
Pemberian contoh-contoh materi Ciri-ciri kebahasaan teks narasi: kata/kalimat deskriptif,  kata ekspresif,  majas untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb
Membaca.
  Kegiatan literasi ini dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan Ciri-ciri kebahasaan teks narasi: kata/kalimat deskriptif,  kata ekspresif,  majas
Menulis
  Menulis resume dari hasil pengamatan dan bacaan terkait Ciri-ciri kebahasaan teks narasi: kata/kalimat deskriptif,  kata ekspresif,  majas
Mendengar
  Pemberian materi Ciri-ciri kebahasaan teks narasi: kata/kalimat deskriptif,  kata ekspresif,  majas oleh guru.
Menyimak
  Penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi :
  Ciri-ciri kebahasaan teks narasi: kata/kalimat deskriptif,  kata ekspresif,  majas
   
  untuk melatih rasa syukur, kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari informasi.
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
Mengajukan pertanyaan tentang materi :
  Ciri-ciri kebahasaan teks narasi: kata/kalimat deskriptif,  kata ekspresif,  majas
   
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.
Data
collection
(pengumpulan
data)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
Mengamati obyek/kejadian
  Mengamati dengan seksama materi Ciri-ciri kebahasaan teks narasi: kata/kalimat deskriptif,  kata ekspresif,  majas yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya.
Membaca sumber lain selain buku teks
  Secara disiplin melakukan kegiatan literasi dengan mencari dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi Ciri-ciri kebahasaan teks narasi: kata/kalimat deskriptif,  kata ekspresif,  majas yang sedang dipelajari.
Aktivitas
  Menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi Ciri-ciri kebahasaan teks narasi: kata/kalimat deskriptif,  kata ekspresif,  majas yang sedang dipelajari.
Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber
  Mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi Ciri-ciri kebahasaan teks narasi: kata/kalimat deskriptif,  kata ekspresif,  majas yang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru.
   
COLLABORATION (KERJASAMA)
Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk:
Mendiskusikan
  Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai materi Ciri-ciri kebahasaan teks narasi: kata/kalimat deskriptif,  kata ekspresif,  majas
Mengumpulkan informasi
  Mencatat semua informasi tentang materi Ciri-ciri kebahasaan teks narasi: kata/kalimat deskriptif,  kata ekspresif,  majas yang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
Mempresentasikan ulang
  Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi dengan rasa percaya diri Ciri-ciri kebahasaan teks narasi: kata/kalimat deskriptif,  kata ekspresif,  majas sesuai dengan pemahamannya.
Saling tukar informasi tentang materi :
  Ciri-ciri kebahasaan teks narasi: kata/kalimat deskriptif,  kata ekspresif,  majas
   
dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
Data
processing
(pengolahan
Data)
COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
Berdiskusi tentang data dari Materi :
  Ciri-ciri kebahasaan teks narasi: kata/kalimat deskriptif,  kata ekspresif,  majas
   
Mengolah informasi dari materi Ciri-ciri kebahasaan teks narasi: kata/kalimat deskriptif,  kata ekspresif,  majas yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Ciri-ciri kebahasaan teks narasi: kata/kalimat deskriptif,  kata ekspresif,  majas
Verification (pembuktian) CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi :
  Ciri-ciri kebahasaan teks narasi: kata/kalimat deskriptif,  kata ekspresif,  majas
   
antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
Generalization (menarik kesimpulan) COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
Menyampaikan hasil diskusi  tentang materi Ciri-ciri kebahasaan teks narasi: kata/kalimat deskriptif,  kata ekspresif,  majas berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan.
Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang materi :
  Ciri-ciri kebahasaan teks narasi: kata/kalimat deskriptif,  kata ekspresif,  majas
   
Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan tentanag materi  Ciri-ciri kebahasaan teks narasi: kata/kalimat deskriptif,  kata ekspresif,  majas dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan.
Bertanya atas presentasi tentang materi  Ciri-ciri kebahasaan teks narasi: kata/kalimat deskriptif,  kata ekspresif,  majas yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan  untuk menjawabnya.
   
CREATIVITY (KREATIVITAS)
Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa :
  Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang materi :
  Ciri-ciri kebahasaan teks narasi: kata/kalimat deskriptif,  kata ekspresif,  majas
   
Menjawab pertanyaan tentang materi  Ciri-ciri kebahasaan teks narasi: kata/kalimat deskriptif,  kata ekspresif,  majas yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi  Ciri-ciri kebahasaan teks narasi: kata/kalimat deskriptif,  kata ekspresif,  majas yang akan selesai dipelajari
Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi  Ciri-ciri kebahasaan teks narasi: kata/kalimat deskriptif,  kata ekspresif,  majas yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.
Catatan : Selama pembelajaran  Ciri-ciri kebahasaan teks narasi: kata/kalimat deskriptif,  kata ekspresif,  majas berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme,  disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan
Kegiatan Penutup (15 Menit)
Peserta didik :
Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi  Ciri-ciri kebahasaan teks narasi: kata/kalimat deskriptif,  kata ekspresif,  majas yang baru dilakukan.
Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran  Ciri-ciri kebahasaan teks narasi: kata/kalimat deskriptif,  kata ekspresif,  majas yang baru diselesaikan.
Mengagendakan materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa untuk materi pelajaran  Ciri-ciri kebahasaan teks narasi: kata/kalimat deskriptif,  kata ekspresif,  majas
Peserta didik yang  selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian tugas
Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran  Ciri-ciri kebahasaan teks narasi: kata/kalimat deskriptif,  kata ekspresif,  majas kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
4. Minggu Ke-4 (6 x 40 Menit)
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)
Guru :
Orientasi
Melakukan pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Aperpepsi
Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
Apabila materitema/projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :
  Model teks narasi cerpen
 
Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
Mengajukan pertanyaan
Pemberian Acuan
Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
Pembagian kelompok belajar
Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
Kegiatan Inti ( 180 Menit )
Sintak Model Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi Model teks narasi cerpen dengan cara :
Melihat (tanpa atau dengan Alat)
  Menayangkan gambar/foto/video yang relevan.
Mengamati
Lembar kerja materi Model teks narasi cerpen
Pemberian contoh-contoh materi Model teks narasi cerpen untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb
Membaca.
  Kegiatan literasi ini dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan Model teks narasi cerpen
Menulis
  Menulis resume dari hasil pengamatan dan bacaan terkait Model teks narasi cerpen
Mendengar
  Pemberian materi Model teks narasi cerpen oleh guru.
Menyimak
  Penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi :
  Model teks narasi cerpen
   
  untuk melatih rasa syukur, kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari informasi.
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
Mengajukan pertanyaan tentang materi :
  Model teks narasi cerpen
   
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.
Data
collection
(pengumpulan
data)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
Mengamati obyek/kejadian
  Mengamati dengan seksama materi Model teks narasi cerpen yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya.
Membaca sumber lain selain buku teks
  Secara disiplin melakukan kegiatan literasi dengan mencari dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi Model teks narasi cerpen yang sedang dipelajari.
Aktivitas
  Menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi Model teks narasi cerpen yang sedang dipelajari.
Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber
  Mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi Model teks narasi cerpen yang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru.
   
COLLABORATION (KERJASAMA)
Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk:
Mendiskusikan
  Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai materi Model teks narasi cerpen
Mengumpulkan informasi
  Mencatat semua informasi tentang materi Model teks narasi cerpen yang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
Mempresentasikan ulang
  Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi dengan rasa percaya diri Model teks narasi cerpen sesuai dengan pemahamannya.
Saling tukar informasi tentang materi :
  Model teks narasi cerpen
   
dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
Data
processing
(pengolahan
Data)
COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
Berdiskusi tentang data dari Materi :
  Model teks narasi cerpen
   
Mengolah informasi dari materi Model teks narasi cerpen yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Model teks narasi cerpen
Verification (pembuktian) CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi :
  Model teks narasi cerpen
   
antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
Generalization (menarik kesimpulan) COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
Menyampaikan hasil diskusi  tentang materi Model teks narasi cerpen berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan.
Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang materi :
  Model teks narasi cerpen
   
Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan tentanag materi  Model teks narasi cerpen dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan.
Bertanya atas presentasi tentang materi  Model teks narasi cerpen yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan  untuk menjawabnya.
   
CREATIVITY (KREATIVITAS)
Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa :
  Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang materi :
  Model teks narasi cerpen
   
Menjawab pertanyaan tentang materi  Model teks narasi cerpen yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi  Model teks narasi cerpen yang akan selesai dipelajari
Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi  Model teks narasi cerpen yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.
Catatan : Selama pembelajaran  Model teks narasi cerpen berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme,  disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan
Kegiatan Penutup (15 Menit)
Peserta didik :
Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi  Model teks narasi cerpen yang baru dilakukan.
Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran  Model teks narasi cerpen yang baru diselesaikan.
Mengagendakan materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa untuk materi pelajaran  Model teks narasi cerpen
Peserta didik yang  selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian tugas
Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran  Model teks narasi cerpen kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.

 

 

  1. Penilaian Hasil Pembelajaran
  2. Sikap
  • Penilaian Observasi

Penilaian observasi berdasarkan pengamatan sikap dan perilaku peserta didik sehari-hari, baik terkait dalam proses pembelajaran maupun secara umum. Pengamatan langsung dilakukan oleh guru. Berikut contoh instrumen penilaian sikap

No Nama Siswa Aspek Perilaku yang Dinilai Jumlah Skor Skor Sikap Kode Nilai
BS JJ TJ DS
1 75 75 50 75 275 68,75 C
2

 

 

Keterangan :

  • BS : Bekerja Sama
  • JJ : Jujur
  • TJ : Tanggun Jawab
  • DS : Disiplin

 

Catatan :

  1. Aspek perilaku dinilai dengan kriteria:

100        = Sangat Baik

75          = Baik

50          = Cukup

25          = Kurang

  1. Skor maksimal = jumlah sikap yang dinilai dikalikan jumlah kriteria = 100 x 4 = 400
  2. Skor sikap = jumlah skor dibagi jumlah sikap yang dinilai = 275 : 4 = 68,75
  3. Kode nilai / predikat :

75,01 – 100,00       = Sangat Baik (SB)

50,01 – 75,00         = Baik (B)

25,01 – 50,00         = Cukup (C)

00,00 –  25,00        = Kurang (K)

  1. Format di atas dapat diubah sesuai dengan aspek perilaku yang ingin dinilai

 

  • Penilaian Diri

Seiring dengan bergesernya pusat pembelajaran dari guru kepada peserta didik, maka peserta didik diberikan kesempatan untuk menilai kemampuan dirinya sendiri. Namun agar penilaian tetap bersifat objektif, maka guru hendaknya menjelaskan terlebih dahulu tujuan dari penilaian diri ini, menentukan kompetensi yang akan dinilai, kemudian menentukan kriteria penilaian yang akan digunakan, dan merumuskan format penilaiannya Jadi, singkatnya format penilaiannya disiapkan oleh guru terlebih dahulu. Berikut Contoh format penilaian :

No Pernyataan Ya Tidak Jumlah Skor Skor Sikap Kode Nilai
1 Selama diskusi, saya ikut serta mengusulkan ide/gagasan. 50   250 62,50 C
2 Ketika kami berdiskusi, setiap anggota mendapatkan kesempatan untuk berbicara.   50
3 Saya ikut serta dalam membuat kesimpulan hasil diskusi kelompok. 50  
4 100  

 

Catatan :

  1. Skor penilaian Ya = 100 dan Tidak = 50
  2. Skor maksimal = jumlah pernyataan dikalikan jumlah kriteria = 4 x 100 = 400
  3. Skor sikap = (jumlah skor dibagi skor maksimal dikali 100) = (250 : 400) x 100 = 62,50
  4. Kode nilai / predikat :

75,01 – 100,00       = Sangat Baik (SB)

50,01 – 75,00         = Baik (B)

25,01 – 50,00         = Cukup (C)

00,00 –  25,00        = Kurang (K)

  1. Format di atas dapat juga digunakan untuk menilai kompetensi pengetahuan dan keterampilan

 

  • Penilaian Teman Sebaya

Penilaian ini dilakukan dengan meminta peserta didik untuk menilai temannya sendiri. Sama halnya dengan penilaian hendaknya guru telah menjelaskan maksud dan tujuan penilaian, membuat kriteria penilaian, dan juga menentukan format penilaiannya. Berikut Contoh format penilaian teman sebaya:

 

Nama yang diamati      : …

Pengamat                     : …

 

No Pernyataan Ya Tidak Jumlah Skor Skor Sikap Kode Nilai
1 Mau menerima pendapat teman. 100   450 90,00 SB
2 Memberikan solusi terhadap permasalahan. 100  
3 Memaksakan pendapat sendiri kepada anggota kelompok.   100
4 Marah saat diberi kritik. 100  
5   50

 

Catatan :

  1. Skor penilaian Ya = 100 dan Tidak = 50 untuk pernyataan yang positif, sedangkan untuk pernyataan yang negatif, Ya = 50 dan Tidak = 100
  2. Skor maksimal = jumlah pernyataan dikalikan jumlah kriteria = 5 x 100 = 500
  3. Skor sikap = (jumlah skor dibagi skor maksimal dikali 100) = (450 : 500) x 100 = 90,00
  4. Kode nilai / predikat :

75,01 – 100,00       = Sangat Baik (SB)

50,01 – 75,00         = Baik (B)

25,01 – 50,00         = Cukup (C)

00,00 –  25,00        = Kurang (K)

 

  • Penilaian Jurnal(Lihat lampiran)

 

  1. Penilaian Pengetahuan

 

Tabel Penilaian Aspek Pengetahuan

No Aspek yang Dinilai Kriteria Skor 1-5 Skor 1-4
1 Tujuan

Komunikatif

Sangat memahami 5 4
Memahami 4 3
Cukup memahami 3 2
Kurang memahami Hampir tidak

memahami

2 1
Tidak memahami 1  
2 Keruntutan

Teks

Struktur teks yang digunakan sangat

runtut

5 4
Struktur teks yang digunakan runtut 4 3
Struktur teks yang digunakan cukup runtut 3 2
Struktur teks yang

digunakan kurang

runtut

Struktur teks yang

digunakan hampir

tidak runtut

2 1
Struktur teks yang

digunakan tidak

runtut

1  
3 Pilihan

Kosakata

Sangat variatif dan tepat 5 4
Variatif dan tepat 4 3
Cukup variatif dan tepat 3 2
Kurang variatif dan

tepat

Hampir tidak

variatif dan tepat

2 1
Tidak variatif dan

tepat

1  
4 Pilihan Tata

Bahasa

Pilihan tata bahasa sangat tepat 5 4
Pilihan tata bahasa tepat 4 3
Pilihan tata bahasa cukup tepat 3 2
Pilihan tata bahasa

kurang tepat

Pilihan tata bahasa

hampir tidak tepat

2 1
Pilihan tata bahasa

tidak tepat

1  

 

 

  1. Penilaian Keterampilan

 

  1. Penilaian Presentasi/Monolog

 

Nama peserta didik: ________                                         Kelas: _____

 

No. Aspek yang Dinilai Baik Kurang baik
1. Organisasi presentasi (pengantar, isi, kesimpulan)    
2. Isi presentasi (kedalaman, logika)    
3. Koherensi dan kelancaran berbahasa    
4. Bahasa:    
  Ucapan    
  Tata bahasa    
  Perbendaharaan kata    
5. Penyajian (tatapan, ekspresi wajah, bahasa tubuh)    
Skor yang dicapai    
Skor maksimum 10

Keterangan:

Baik mendapat skor 2

Kurang baik mendapat skor 1

 

 

  1. Rubrik untuk Penilaian Unjuk Kerja

 

AKTIVITAS KRITERIA
TERBATAS MEMUASKAN MAHIR
Melakukan Observasi Tidak jelas pelaksanaannya Beberapa kegiatan jelas dan terperinci Semua kegiatan jelas dan terperinci
Role Play Membaca script, kosakata terbatas, dan tidak lancar Lancar dan kosakata dan kalimat berkembang, serta ada transisi Lancar mencapai fungsi sosial, struktur lengkap dan unsur kebahasaan sesuai
Simulasi Fungsi social tidak tercapai, ungkapan dan unsur kebahasaan tidak tepat Fungsi social kurang tercapai, ungkapan dan unsure kebahasaan kurang tepat Fungsi social tercapai, ungkapan dan unsure kebahasaan tepat
Presentasi Tidak lancar, topik kurang jelas, dan tidak menggunakan slide presentasi Lancar, topik jelas, dan menggunakan slide presentasi tetapi kurang menarik Sangat lancar, topic jelas, menggunakan slide presentasi yang menarik
Melakukan Monolog Membaca teks, fungsi social kurang tercapai, ungkapan dan unsur kebahasaan kurang tepat, serta tidak lancar Kurang lancar, fungsi social tercapai, struktur dan unsure kebahasaan tepat dan kalimat berkembang, serta ada transisi Lancar mencapai fungsi sosial, struktur lengkap dan unsur kebahasaan sesuai, kalimat berkembang, serta ada transisi

Keterangan:

MAHIR mendapat skor 3

MEMUASKAN mendapat skor 2

TERBATAS mendapat skor 1

 

 

  1. Penilaian Portofolio

 

Mata Pelajaran                             : Bahasa Inggris

Alokasi Waktu                               : 1 Semester

Sampel yang Dikumpulkan           : karangan

 

Nama Peserta didik : ______________                                                    Kelas :_________

 

No Kompetensi Dasar Periode Contoh aspek yang dinilai Catatan pendidik
Tata bahasa Perbendaharaan kata Kelengkapan gagasan Sistematika
1. Menulis karangan deskriptif 30/7          
10/8          
…. dst          
2. Membuat Resensi Buku 1/9          
30/9          
…. dst          

 

 

  1. Penilaian Kemampuan Menulis
No Aspek yang Dinilai Kriteria Skor 1-5 Skor 1-4
1 Keaslian

Penulisan

Sangat original 5 4
Original 4 3
Cukup original 3 2
Kurang memahami Hampir tidak

original

2 1
Tidak original 1  
2 Kesesuaian

isi dengan

judul

Isi sangat sesuai dengan judul 5 4
Isi sesuai dengan judul 4 3
Isi cukup sesuai dengan judul 3 2
Isi kurang sesuai dengan judul Isi hampir tidak

sesuai dengan judul

2 1
Isi tidak sesuai dengan judul 1  
3 Keruntutan Teks Keruntutan teks sangat tepat 5 4
Keruntutan teks tepat 4 3
Keruntutan teks cukup tepat 3 2
Keruntutan teks kurang tepat Isi hampir tidak

sesuai dengan judul

2 1
Keruntutan teks tidak tepat 1  
4 Pilihan

Kosakata

Pilihan kosakata sangat tepat 5 4
Pilihan kosakata tepat 4 3
Pilihan kosakata cukup tepat 3 2
Pilihan kosakata kurang tepat Pilihan kosakata hampir tidak tepat 2 1
Pilihan kosakata tidak tepat 1  
5 Pilihan tata bahasa Pilihan tata bahasa sangat tepat 5 4
Pilihan tata bahasa tepat 4 3
Pilihan tata bahasa cukup tepat 3 2
Pilihan tata bahasa kurang tepat Pilihan tata bahasa hamper tidak tepat 2 1
Pilihan tata bahasa tidak tepat 1  
6 Penulisan Kosakata Penulisan kosakata sangat tepat 5 4
Penulisan kosakata tepat 4 3
Penulisan kosakata cukup tepat 3 2
Penulisan kosakata kurang tepat Penulisan kosakata hampir tidak tepat 2 1
Penulisan kosakata tidak tepat 1  
7 Kerapihan Tulisan Tulisan rapi dan mudah terbaca 5 4
Tulisan tidak rapi tetapi mudah terbaca 4 3
Tulisan tidak rapi dan tidak mudah terbaca 3 2
Tulisan tidak rapi dan sulit terbaca Tulisan rapi dan hamper tidak terbaca 2 1
Tulisan tidak rapi dan tidak terbaca 1  

 

  1. Penilaian Kemampuan Berbicara (Speaking Skill)
No Aspek yang Dinilai Kriteria Skor 1-5 Skor 1-4
1 Pengucapan (pronounciation) Hampir sempurna 5 4
Ada beberapa kesalahan, tetapi tidak

mengganggu makna

4 3
Ada beberapa kesalahan dan

mengganggu makna

3 2
Banyak kesalahan

dan mengganggu

makna

Hampir semua

salah dan

mengganggu

makna

2 1
Terlalu banyak

kesalahan dan

mengganggu makna

1  
2 Intonasi (intonation) Hampir sempurna 5 4
Ada beberapa kesalahan, tetapi tidak

mengganggu makna

4 3
Ada beberapa kesalahan dan

mengganggu makna

3 2
Banyak kesalahan

dan mengganggu

makna

Hampir semua

salah dan

mengganggu

makna

2 1
Terlalu banyak

kesalahan dan

mengganggu makna

1  
3 Kelancaran (fluency) Sangat lancar 5 4
Lancar 4 3
Cukup lancar 3 2
Kurang lancar Sangat tidak lancar 2 1
Tidak lancar 1  
4 Ketepatan Makna (accuracy) Sangat tepat 5 4
Tepat 4 3
Cukup tepat 3 2
Kurang tepat Hampir tidak tepat 2 1
Tidak tepat 1  

 

 

Skor Penilaian

No. Huruf Rentang angka
1. Sangat Baik (A) 86-100
2. Baik (B) 71-85
3. Cukup (C) 56-70
4. Kurang (D) ≤ 55

 

 

  1. Pengayaan

Bagi peserta didik yang telah mencapai target pembelajaran sebelum waktu yang telah dialokasikan berakhir, perlu diberikan kegiatan pengayaan.

 

  1. Remidial

Bagi peserta didik yang belum mencapai target pembelajaran pada waktu yang telah dialokasikan, perlu diberikan kegiatan remedial

 

 

 

 

 

 

Katrawang, Juli 2019

Mengetahui

Kepala Sekolah,                                                                          Guru Mata Pelajaran,

 

 

 

 

 

 

………………………………………….                                                      ………………………………

NIP. ………………………………….